Mata
Pelajaran    :    Seni Budaya / Seni Musik
         Kelas
/ Semester  :    X / II / Th. 2009-2010
         Pertemuan  ke-     :    1, 2, 3
Alokasi
Waktu     :    2 x 45 menit 
Standar
Kompetensi  :  3. Mengapreasi karya seni musik
Kompetensi  Dasar    :
 3.1. Mengidentifikasi fungsi
dan latar belakang seni musik non tradisional   dalam konteks budaya masyarakat.
         Indikator
                                  :
         • Mendeskripsikan
fungsi dan latar belakang musik non
tradisional sesuai dengan kehidupan  masyarat
         •
Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik non tradisional.                
         I.   
Tujuan Pembelajaran :  
                Setelah melalui proses pembelajaran siswa
memiliki kemampuan untuk :
    • Menjelaskan fungsi dan latar belakang
musik non tradisional sesuai dengan kehidupan
       masyarakat.
               • Memdemonstrasikan bernyanyi
dan bermain alat musik non tradisional.
        II.   Materi 
Ajar :   
               Musik non tradisional : 
•  Fungsi  musik non tradisional
•  Latar belakang musik non tradisional.   
        III.
Metode  Pembelajaran 
1. Demonstrasi dengan pendekatan PAKEM ( Pembelajaran Aktif, Kreatif,
Efektif, dan
    Menyenangkan )
        IV. Langkah-langkah  Pembelajaran 
a. Kegiatan  awal :  Memotivasi siswa , 5 menit.
                  •  Mengucap salam dan melihat kondisi ruang kelas,
apa sudah bersih atau  belum, apa sudah                      cukup kondusif untuk proses pembelajaran.
                  •  Mengisi buku jurnal kelas terkait materi pokok
bahasan yang diajarkan.
                  •  Menjelaskan 
secara global materi pembelajaran.     
              b. Kegiatan inti :   35 menit.
                  •  Menjelaskan fungsi dan latar belakang musik
non tradisional.
                  •  Berlatih mendemonstrasikan bernyanyi dan
bermain alat musik non tradisional
              c. Kegiatan akhir :  5 menit.
                  •  Menyimpulkan inti materi
pembelajaran.
       •  Memberi tugas pekerjaan rumah untuk berlatih keras
lagu-lagu yang sudah           
diajarkan.
  V.        Alat
/ Bahan / Sumber belajar :
             •    Seperangkat alat musik Band
             •   
Buku  Kreasi Seni
Budaya, Ario Kartono dkk, Ganeca
             •    Buku 
Seni Musik SMA, Matius Ali, ESSIS 
 VI.       
Penilaian / Tagihan :
            E s s a y  :
  1. Jelaskan dan berikan contohnya ! Apa yang
dimaksud dengan Musik non tradisional ?
            2. 
Jelaskan fungsi musik non tradisional sebagai :
                 
a. Sarana berekspresi bagi seseorang
                 
b. Sarana hiburan
                 
c. Wujud kelestarian kepribadian bangsa
                 
d. Menanamkan rasa nasionalisme
                 
e. Memperkaya khasanah kebudayaan
                 
f. Sarana pendidikan
            3. Jelaskan latar belakang
perkembangan musik non tradisional di Indonesia! 
            P
r a k t i k  :
Nyanyikanlah
secara kelompok lagu berirama keroncong “Bengawan
Solo”  ciptaan Gesang dengan iringan
intrumen musik yang sudah kamu kuasai dengan baik. Setiap kelompok boleh
terdiri wanita saja, laki-laki saja, atau campuran laki-laki dan wanita yang
masing-masing kelompok maksimal 8 orang! 
Pertemuan  ke-           :    4,5,6
Alokasi Waktu            :    2 x 45 menit
Standar
Kompetensi   :    3. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi  Dasar     :    3.2  Mengungkapkan pengalaman musical dari hasil
pengamatan terhadap pertunjukan musik non
tradisional setempat. 
Indikator :      
▪  Mendeskripsikan jenis-jenis
musik, elemen musik non tradisional  
▪  Mendeskripsikan
karya musik non tradisional                                                              
I. Tujuan Pembelajaran : 
    Setelah melalui proses pembelajaran siswa memiliki  kemampuan untuk :
    ▪ Menjelaskankan
jenis-jenis musik, elemen musik.
    ▪ Menjelaskan
karya musik dan lagu-lagu non tradisional.
II. Materi
pembelajaran : 
 ▪  Jenis-jenis
musik non tradisiona
 ▪   Elemen-elemen
musik 
 ▪   Karya musik
dan lagu non tradisional  
III. Metode 
Pembelajaran :
      ▪ PAKEM ( Pembelajaran Aktif,
Kreatif, efektif, dan menyenangkan )
IV. Langkah-langkah  Pembelajara
a. Kegiatan  awal : 
Memotivasi siswa  5
meni
 ▪  Mengucap salam dan melihat kondisi
kelas apa sudah cukup
    kondusif untuk
melaksanakan proses pembelajaran.
 ▪  Mengabsensi siswa dan menulis materi
pokok bahasan yan
    akan diberikan.
                             b. Kegiatan inti :    35 menit
 ▪ Menjelaskan
materi jenis-jenis musik dan elemen musik
    non tradisional.
 ▪ Berlatih
bernyanyi lagu-lagu non tradisional.
         
                   c. Kegiatan akhir :  5 menit
                                 ▪ Menyimpulkan
inti materi pembelajaran
                                 ▪ Memberi
tugas untuk berlatih lagu yang telah diajarkan. 
V.
Alat / Bahan / Sumber belajar
▪ Seperangkat alat musik Band
                   ▪ Buku  Kreasi Seni Budaya, Ario Kartono dkk, Ganeca
                   ▪ Buku  Seni Musik SMA, Matius Ali,
ESSIS 
VI. Penilaian / Tagihan :
      ESSAY :
      1. Jelaskan ciri-ciri musik berikut nama-nama
tokoh-tokohnya:
          a.   
Musik Dangdut
          b. 
 Musik Campursari
          c.  
Jazz
          d.  
Rock 
               2.  Jelaskan elemen musik :
                     a. Harmoni
                     b. irama
                     c. birama
                     d. melodi
                     e. tempo
               3.  Sebutkan lima ciri musik keroncong dan lima
buah contoh lagunya !
               4.  Jelaskan ! 
Apa yang kamu ketahui tentang musik Congdut ?
               5.  Sebutkan instrument musik campursari pada
umumnya !                            
                                         Jakarta,   Januari
2012        
                                         Guru Mata Pelajaran
                                         Drs. Slamet  Priyadi
                                  
      Nip. 195712091987031006   

 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar