Rabu, 21 Maret 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )




         Mata Pelajaran    :    Seni Budaya / Seni Musik
         Kelas / Semester  :    X / II / Th. 2009-2010
         Pertemuan  ke-     :    1, 2, 3
Alokasi Waktu     :    2 x 45 menit 
Standar Kompetensi  :  3. Mengapreasi karya seni musik
Kompetensi  Dasar    :  3.1. Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang seni musik non tradisional   dalam konteks budaya masyarakat.
         Indikator                                   :
         • Mendeskripsikan fungsi dan latar belakang musik non tradisional sesuai dengan kehidupan  masyarat
         • Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik non tradisional.               
   
         I.    Tujuan Pembelajaran :  
                Setelah melalui proses pembelajaran siswa memiliki kemampuan untuk :
    • Menjelaskan fungsi dan latar belakang musik non tradisional sesuai dengan kehidupan
       masyarakat.
               Memdemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik non tradisional.

        II.   Materi  Ajar :  
               Musik non tradisional :
 Fungsi  musik non tradisional
 Latar belakang musik non tradisional.  

        III. Metode  Pembelajaran
1. Demonstrasi dengan pendekatan PAKEM ( Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan
    Menyenangkan )

        IV. Langkah-langkah  Pembelajaran
a. Kegiatan  awal :  Memotivasi siswa , 5 menit.
                  •  Mengucap salam dan melihat kondisi ruang kelas, apa sudah bersih atau  belum, apa sudah                      cukup kondusif untuk proses pembelajaran.
                    Mengisi buku jurnal kelas terkait materi pokok bahasan yang diajarkan.
                    Menjelaskan  secara global materi pembelajaran.    
              b. Kegiatan inti :   35 menit.
                    Menjelaskan fungsi dan latar belakang musik non tradisional.
                    Berlatih mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik non tradisional

              c. Kegiatan akhir :  5 menit.
                    Menyimpulkan inti materi pembelajaran.
        Memberi tugas pekerjaan rumah untuk berlatih keras lagu-lagu yang sudah            diajarkan.
  
  V.        Alat / Bahan / Sumber belajar :
                 Seperangkat alat musik Band
                 Buku  Kreasi Seni Budaya, Ario Kartono dkk, Ganeca
                 Buku  Seni Musik SMA, Matius Ali, ESSIS

 VI.       Penilaian / Tagihan :

            E s s a y  :
  1. Jelaskan dan berikan contohnya ! Apa yang dimaksud dengan Musik non tradisional ?
           
            2.  Jelaskan fungsi musik non tradisional sebagai :
                  a. Sarana berekspresi bagi seseorang
                  b. Sarana hiburan
                  c. Wujud kelestarian kepribadian bangsa
                  d. Menanamkan rasa nasionalisme
                  e. Memperkaya khasanah kebudayaan
                  f. Sarana pendidikan

            3. Jelaskan latar belakang perkembangan musik non tradisional di Indonesia!

            P r a k t i k  :
                             
Nyanyikanlah secara kelompok lagu berirama keroncong “Bengawan Solo”  ciptaan Gesang dengan iringan intrumen musik yang sudah kamu kuasai dengan baik. Setiap kelompok boleh terdiri wanita saja, laki-laki saja, atau campuran laki-laki dan wanita yang masing-masing kelompok maksimal 8 orang!

 
Pertemuan  ke-           :    4,5,6
Alokasi Waktu            :    2 x 45 menit
Standar Kompetensi   :    3. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi  Dasar     :    3.2  Mengungkapkan pengalaman musical dari hasil
pengamatan terhadap pertunjukan musik non tradisional setempat.

Indikator :      
  Mendeskripsikan jenis-jenis musik, elemen musik non tradisional 
  Mendeskripsikan karya musik non tradisional                                                              

I. Tujuan Pembelajaran :
    Setelah melalui proses pembelajaran siswa memiliki  kemampuan untuk :
    Menjelaskankan jenis-jenis musik, elemen musik.
    Menjelaskan karya musik dan lagu-lagu non tradisional.
  
II. Materi pembelajaran : 
   Jenis-jenis musik non tradisiona
 ▪   Elemen-elemen musik
 ▪   Karya musik dan lagu non tradisional  
                     
III. Metode  Pembelajaran :
      PAKEM ( Pembelajaran Aktif, Kreatif, efektif, dan menyenangkan )

IV. Langkah-langkah  Pembelajara
a. Kegiatan  awal :  Memotivasi siswa  5 meni
   Mengucap salam dan melihat kondisi kelas apa sudah cukup
    kondusif untuk melaksanakan proses pembelajaran.
   Mengabsensi siswa dan menulis materi pokok bahasan yan
    akan diberikan.
                          
                             b. Kegiatan inti :    35 menit
 ▪ Menjelaskan materi jenis-jenis musik dan elemen musik
    non tradisional.
 ▪ Berlatih bernyanyi lagu-lagu non tradisional.

                             c. Kegiatan akhir :  5 menit
                                 Menyimpulkan inti materi pembelajaran
                                 Memberi tugas untuk berlatih lagu yang telah diajarkan.

V. Alat / Bahan / Sumber belajar
 Seperangkat alat musik Band
                   Buku  Kreasi Seni Budaya, Ario Kartono dkk, Ganeca
                    Buku  Seni Musik SMA, Matius Ali, ESSIS

VI. Penilaian / Tagihan :
                
      ESSAY :

      1. Jelaskan ciri-ciri musik berikut nama-nama tokoh-tokohnya:
          a.   Musik Dangdut
          b.   Musik Campursari
          c.   Jazz
          d.   Rock 
 
               2.  Jelaskan elemen musik :
                     a. Harmoni
                     b. irama
                     c. birama
                     d. melodi
                     e. tempo

               3.  Sebutkan lima ciri musik keroncong dan lima buah contoh lagunya !
               4.  Jelaskan !  Apa yang kamu ketahui tentang musik Congdut ?
               5.  Sebutkan instrument musik campursari pada umumnya !                           


                                         Jakarta,   Januari 2012       
                                         Guru Mata Pelajaran



                                         Drs. Slamet  Priyadi
                                         Nip. 195712091987031006  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar