Mata
Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Kelas
/ Semester : X / II / Th. 2009-2010
Pertemuan ke- : 1, 2, 3
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi : 3. Mengapreasi karya seni musik
Kompetensi Dasar :
3.1. Mengidentifikasi fungsi
dan latar belakang seni musik non tradisional dalam konteks budaya masyarakat.
Indikator
:
• Mendeskripsikan
fungsi dan latar belakang musik non
tradisional sesuai dengan kehidupan masyarat
•
Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik non tradisional.
I.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah melalui proses pembelajaran siswa
memiliki kemampuan untuk :
• Menjelaskan fungsi dan latar belakang
musik non tradisional sesuai dengan kehidupan
masyarakat.
• Memdemonstrasikan bernyanyi
dan bermain alat musik non tradisional.
II. Materi
Ajar :
Musik non tradisional :
• Fungsi musik non tradisional
• Latar belakang musik non tradisional.
III.
Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi dengan pendekatan PAKEM ( Pembelajaran Aktif, Kreatif,
Efektif, dan
Menyenangkan )
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan awal : Memotivasi siswa , 5 menit.
• Mengucap salam dan melihat kondisi ruang kelas,
apa sudah bersih atau belum, apa sudah cukup kondusif untuk proses pembelajaran.
• Mengisi buku jurnal kelas terkait materi pokok
bahasan yang diajarkan.
• Menjelaskan
secara global materi pembelajaran.
b. Kegiatan inti : 35 menit.
• Menjelaskan fungsi dan latar belakang musik
non tradisional.
• Berlatih mendemonstrasikan bernyanyi dan
bermain alat musik non tradisional
c. Kegiatan akhir : 5 menit.
• Menyimpulkan inti materi
pembelajaran.
• Memberi tugas pekerjaan rumah untuk berlatih keras
lagu-lagu yang sudah
diajarkan.
V. Alat
/ Bahan / Sumber belajar :
• Seperangkat alat musik Band
•
Buku Kreasi Seni
Budaya, Ario Kartono dkk, Ganeca
• Buku
Seni Musik SMA, Matius Ali, ESSIS
VI.
Penilaian / Tagihan :
E s s a y :
1. Jelaskan dan berikan contohnya ! Apa yang
dimaksud dengan Musik non tradisional ?
2.
Jelaskan fungsi musik non tradisional sebagai :
a. Sarana berekspresi bagi seseorang
b. Sarana hiburan
c. Wujud kelestarian kepribadian bangsa
d. Menanamkan rasa nasionalisme
e. Memperkaya khasanah kebudayaan
f. Sarana pendidikan
3. Jelaskan latar belakang
perkembangan musik non tradisional di Indonesia!
P
r a k t i k :
Nyanyikanlah
secara kelompok lagu berirama keroncong “Bengawan
Solo” ciptaan Gesang dengan iringan
intrumen musik yang sudah kamu kuasai dengan baik. Setiap kelompok boleh
terdiri wanita saja, laki-laki saja, atau campuran laki-laki dan wanita yang
masing-masing kelompok maksimal 8 orang!
Pertemuan ke- : 4,5,6
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi : 3. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengungkapkan pengalaman musical dari hasil
pengamatan terhadap pertunjukan musik non
tradisional setempat.
Indikator :
▪ Mendeskripsikan jenis-jenis
musik, elemen musik non tradisional
▪ Mendeskripsikan
karya musik non tradisional
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah melalui proses pembelajaran siswa memiliki kemampuan untuk :
▪ Menjelaskankan
jenis-jenis musik, elemen musik.
▪ Menjelaskan
karya musik dan lagu-lagu non tradisional.
II. Materi
pembelajaran :
▪ Jenis-jenis
musik non tradisiona
▪ Elemen-elemen
musik
▪ Karya musik
dan lagu non tradisional
III. Metode
Pembelajaran :
▪ PAKEM ( Pembelajaran Aktif,
Kreatif, efektif, dan menyenangkan )
IV. Langkah-langkah Pembelajara
a. Kegiatan awal :
Memotivasi siswa 5
meni
▪ Mengucap salam dan melihat kondisi
kelas apa sudah cukup
kondusif untuk
melaksanakan proses pembelajaran.
▪ Mengabsensi siswa dan menulis materi
pokok bahasan yan
akan diberikan.
b. Kegiatan inti : 35 menit
▪ Menjelaskan
materi jenis-jenis musik dan elemen musik
non tradisional.
▪ Berlatih
bernyanyi lagu-lagu non tradisional.
c. Kegiatan akhir : 5 menit
▪ Menyimpulkan
inti materi pembelajaran
▪ Memberi
tugas untuk berlatih lagu yang telah diajarkan.
V.
Alat / Bahan / Sumber belajar
▪ Seperangkat alat musik Band
▪ Buku Kreasi Seni Budaya, Ario Kartono dkk, Ganeca
▪ Buku Seni Musik SMA, Matius Ali,
ESSIS
VI. Penilaian / Tagihan :
ESSAY :
1. Jelaskan ciri-ciri musik berikut nama-nama
tokoh-tokohnya:
a.
Musik Dangdut
b.
Musik Campursari
c.
Jazz
d.
Rock
2. Jelaskan elemen musik :
a. Harmoni
b. irama
c. birama
d. melodi
e. tempo
3. Sebutkan lima ciri musik keroncong dan lima
buah contoh lagunya !
4. Jelaskan !
Apa yang kamu ketahui tentang musik Congdut ?
5. Sebutkan instrument musik campursari pada
umumnya !
Jakarta, Januari
2012
Guru Mata Pelajaran
Drs. Slamet Priyadi
Nip. 195712091987031006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar