Lampiran A. 1
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA Negeri 42
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : X / Umum
Semester : 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan / Alat |
1. Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik non tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat | 1.1 Musik non tradisional budaya masyarakat setempat | - Menjelaskan sejarah singkat musik non tradisional - Menjelaskan jenis-jenis musik non tradisional - Menyanyikan salah satu lagu non tradisional | 1. Mendeskripsikan definisi atau pengertian musik non tradisional 2. Mengidentifikasi fungsi musik non tradisional 3. Mengidentifikasi ciri dan jenis musik non tradisional 4. Menyebutkan peranan musik non tradisional | - Menyanyikan salah satu lagu non tradisional | 4 x 45 menit | - Seni Musik Untuk SMA, MGMP DKI Jakarta, P.T TUNAS MELATI - Apresiasi Seni untuk SMA, YUDHISTIRA - Mula Awal Adalah Musik, Kaye A. SolapungSABDA |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan / Alat |
2. Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik non tradisional | 2.1 Menanggapi karya musik non tradisional | - Melakukan observasi pertunjukan musik non tradisional | 1 Mempersiapkan alat/bahan observasi musik non tradisional 2. Melakukan observasi terhadap musik non tradisional 3. Membuat laporan | - Menyanyikan salah satu lagu non tradisional | 4 x 45 menit | - Seni Musik Untuk SMA, MGMP DKI Jakarta, P.T TUNAS MELATI - Apresiasi Seni untuk SMA, YUDHISTIRA - Mula Awal Adalah Musik, Kaye A. SolapungSABDA |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan / Alat |
3 Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik non radisional setempat | 3.1 Menampilkan karya musik non tradisional | - Membuat laporan hasil observasi - Mempresentasikan laporan hasil observasi | 1. Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengamatan permainan alat musik Non tradisional 2. Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengamatan cara menyanyikan lagu non tradisional 3. Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengamatan keterpaduan antara instrument dan vokal pada musik non tradisional | - Membuat laporan hasil observasi - Memainkan salah satu lagu non tradisional dengan alat musik bebas | 4 x 45 menit | - Seni Musik Untuk SMA, MGMP DKI Jakarta, P.T TUNAS MELATI - Apresiasi Seni untuk SMA, YUDHISTIRA - Mula Awal Adalah Musik, Kaye A. SolapungSABDA |
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA Negeri 42
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : X / Umum
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan / Alat |
1. Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik/lagu tradisional daerah setempat | 2.1 Berkarya dalam musik tradisional Betawi | - Menjelaskan tangga nada pada musik tradisional Betawi - Merubah salah satu lagu Betawi dari notasi angka ke notasi balok - Membuat aransemen salah satu lagu Betawi | 1. Menyanyikan salah satu lagu Betawi 2. Mengiringi lagu Betawi dengan salah satu instrument 3. Mengaransemen salah satu lagu Betawi dengan teknik dan media sederhana | - Memainkan karya musik hasil aransemen siswa | 4 x 45 menit | - Seni Musik Untuk SMA, MGMP DKI Jakarta, P.T TUNAS MELATI - Apresiasi Seni untuk SMA, YUDHISTIRA - Mula Awal Adalah Musik, Kaye A. SolapungSABDA |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan / Alat |
2. Menampilkan lagu yang telah diaransir | 2.1 Menampilkan karya musik non tradisional daerah setempat | - Memainkan karya musik Betawi yang telah diaransir | 1. Melatih lagu hasil aransemen 2. Menampilkan lagu hasil aransemen 3. Menilai penampilan hasil karya teman. | - Memainkan karya musik hasil aransemen siswa | 8 x 45 menit | - Seni Musik Untuk SMA, MGMP DKI Jakarta, P.T TUNAS MELATI - Apresiasi Seni untuk SMA, YUDHISTIRA - Mula Awal Adalah Musik, Kaye A. SolapungSABDA |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan / Alat |
3 Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik non radisional | 3.1 Menampilkan karya musik non tradisional | - Membuat laporan hasil observasi - Mempresentasikan laporan hasil observasi | 1. Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengamatan permainan alat musik Non tradisional 2. Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengamatan cara menyanyikan lagu non tradisional 3. Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengamatan keterpaduan antara instrument dan vokal pada musik non tradisional | - Membuat laporan hasil observasi - Memainkan salah satu lagu non tradisional dengan alat musik bebas | 4 x 45 menit | - Seni Musik Untuk SMA, MGMP DKI Jakarta, P.T TUNAS MELATI - Apresiasi Seni untuk SMA, YUDHISTIRA - Mula Awal Adalah Musik, Kaye A. SolapungSABDA |
Mengetahui, Jakarta, 10 Maret 2012
Hj. Hartini, M. Pd Drs. Slamet Priyadi
NIP. 195404091980032001 NIP. 19571209198731006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar