Jumat, 09 Agustus 2019

TOKEK ITU IGATKAN AKU SHOLAT LIMA WAKTU By Ki Slamet 42

Blog Ki Slamet 42: Atma Kembara
Sabtu, 10 Agustus 2019 - 09:05 WIB
 
Image "Tokek Dilangit-langit rumahku (Foto: SP)
Tokek di langit-langit rumahku
TOKEK ITU INGATKAN AKU
SHOLAT LIMA WAKTU
By Ki Slamet 42

Ada seekor tokek di atap rumahku
Dia elalu saja berbunyi tepat waktu
Isya, Subuh, Lohor, Ashar, Maghrib
Diawali suara tertawa sangat karib
Sebanyak dua kali lalu dia bersuara
Tokek, tokek, tokek, sebanyak lima
Sungguh seperti mengingatkan aku
‘Tuk laksanakan sholat lima waktu

Tubuhnya ba’ tokek-tokek lainnya
Putih krem bertutul cokelat gula
Muncul di saat ia akan bersuara
Tuk mengigatkan aku dan semua
Orang yang ada di dalam keluarga
Lakukan sholat lima waktu segera
Ibadah wajib Rukun Islam ke lima
Wajib berlaku bagi orang dewasa

Di saat aku berbuka makan kurma
Sang tokek kembungkan perutnya
Dan mulutnya, lebarlah menganga
Tokek itu berbunyi lagi ba’ murka
Keras dan lantang sekali suaranya
Hingga terasa menggetarkan dada 
Dan, bulu romaku bergidik jadinya
Matanya mendelik seperti berkata:

“Jika tuan tak lakukan sholat segera
Maka puasa tuan akan percuma saja
Tiadalah akan mendapatkan pahala
Karena sholat itu adalah yang utama
Kewajiban bagi setiap umat manusia
Tunduk dan patuh kepada Khaliknya 
Tak bisa ditinggal dimanapun berada
Baiklah sehat, sakit, tua atau muda!”

—KSP 42—
Sabtu, 10 Agustus 2019 - 07:30 WIB
Kampung Pangarakan, Lido – Bogor
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar