Senin, 07 Januari 2013

Jubing Kristianto: Pelajaran Seni Musik yang Membekas


Jubing Kristianto
SENIN, 7 JANUARI 2013 - JAKARTA, KOMPAS.com -- Pelajaran seni musik di sekolah dasar dan menengah hingga kini membekas dalam ingatan gitaris akustik tunggal Jubing Kristianto (46). Lelaki yang lahir dan sekolah hingga SMA di Semarang, Jawa Tengah, itu masih mengingat, saat itu setiap siswa sekolah harus belajar lagu wajib seperti "Satu Nusa Satu Bangsa" dan lagu-lagu daerah.

"Ada ujian menyanyi lagu sesuai pilihan murid di depan kelas," katanya, pekan lalu. Pelajaran itu memaksa siswa mengetahui, hafal, dan bisa menyanyi lagu nasional dan daerah. "Sekarang tak ada lagi pelajaran itu. Kalaupun ada, masuk ekstrakurikuler. Tak heran anak sekarang banyak enggak tahu lagu nasional dan daerah," ujarnya.

Kondisi itu membuat Jubing berencana membuat album lagu daerah. "Aku pernah rekaman lagu berjudul 'Bungong Jeumpa' (Aceh) dan 'Ayam Den Lapeh' (Minang) di album terdahulu," kisahnya. Pemilik empat album lagu itu selalu menyelipkan lagu daerah di albumnya.

Ia sengaja menyajikan lagu berirama, pop, blues, etnik, sampai dangdut dalam albumnya agar pendengar tahu, gitar akustik bisa bermain di jenis musik apa pun.

Lantas, kapan meluncurkan album spesial lagu daerah? "He-he-he... belum berani janji waktu persisnya. Aku masih banyak pekerjaan dan harus memilih dulu lagu-lagunya. Tetapi pasti bikin album spesial," ujarnya. (TRI)

Sumber :
Kompas Cetak
Editor :
Ati Kamil

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar