Kamis, 22 November 2012

WAYANG SUMMIT LIBATKAN DALANG LUAR NEGERI


Wayang Summit Libatkan Dalang dari Luar Negeri - Kamis, 22/11/2012 - 15:44

MUNADY/"PRLM"
MUNADY/"PRLM"
WAKIL Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Wiendu Nuryanti ketika berbincang dengan dalang Gaura Mancacaritadipura dari Australia.*

JUMAT, 23 NOV. 2012 - DENMAS PRIYADI BLOG: JAKARTA, (PRLM).- Pecinta seni budaya wayang kini sudah menyebar ke seluruh belahan dunia. Mereka yang mendalami seni budaya wayang, tidak hanya masyarakat Indonesia. Sebagai bukti, sudah banyak warga negara asing yang menjadi dalang. Mulai dari warga negara Malaysia, Australia, Cina, Kenya, Iran, hingga Amerika kini makin banyak yang menyukai wayang. 

Demikian dikatakan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Wiendu Nuryanti di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (22/11/2011). Menurut Wiendu, sudah selayaknya jika masyarakat Indonesia, melestarikan dan mendalami seni budaya wayang. Apalagi, wayang sudah diakui UNESCO sebagai seni budaya yang berasal dari Indonesia.

Wiendu mengungkapkan, Malaysia saja sekarang gencar mengajarkan seni budaya wayang ke generasi mudanya. Hampir di setiap sekolah, murid-murid di sana diperkenalkan dengan seni budaya wayang. Hal ini menjadi tantangan bagi Indonesia, sebagai pemilik seni budaya wayang harus mampu membuktikan, bahwa tradisi wayang masih mengakar di masyarakat.

"Pemerintah pun berupaya terus dengan menggelar berbagai kegiatan, dengan maksud menumbuhkembangkan kecintaan terhadap seni budaya wayang. Direncanakan pada tanggal 24-25 November 2012 akan digelar Wayang Summit di Monumen Nasional (Monas). Di sana akan dibangun lima panggung, pesertanya melibatkan dalang dari berbagai negara," tutur Wiendu.

Wiendu menambahkan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaanjuga akan mengerahkan 100 pamong budaya ke beberapa daerah. Selama satu tahun mereka akan mengunjungi sejumlah sekolah. Tagertnya memberi pelajaran tentang budaya Indonesia, termasuk wayang kepada para pelajar.
Sementara dalang Gaura Mancacaritadipura dari Australia mengatakan, semua peserta yang akan tampil di Wayang Summit akan mementaskan bermacam macam cerita. Bahkan peserta dari Afrika tidak mau kalah karena akan membuktikan kesukaan mereka terhadap seni budaya wayang.(Mun/A-147)***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar