Jumat, 01 April 2011

STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL By Drs Slamet Priyadi

MGMP SENI BUDAYA SMAN 42 - JUMAT, 1 MARET 2011:     "STRATEGI" pada intinya adalah sketsa umum aktivitas guru dan murid di dalam merealisasikan kegiatan belajar mengajar. Maknanya, interaksi belajar mengajar berlangsung dalam satu sketsa yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh guru dan murid. Dengan demikian boleh dirumuskan strategi pembelajaran merupakan "sketsa umum pembelajaran subyek didik" yang tersusun secara sistematik berdasar acuan prinsip-prinsip pendidikan yaitu, strukturisasi urutan atau langkah-langkah pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, pengelolaan kelas, evaluasi, dan waktu yang digunakan untuk mencapai tujuan.

            Strategi pembelajaran melalui pendekatan kontekstual (Contextual Teachinh and Learning) merupakan konsep belajar yang bisa membantu guru menghubungkan antara materi yang diajarkan dengan realitas dunia nyata murid, dan mendorong murid membuat interaksi antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dalam kaitan ini siswa dapat menyadari sepenuhnya apa makna belajar, manfaatnya,  bagaimana upaya untuk mencapainya dan dapat memahami bahwa yang mereka pelajari bermanfaat bagi hidupnya nanti.
Sehingga mereka akan memposisikan diri sebagai diri mereka sendiri yang membutuhkan bekal hidupnya dan berupaya keras untuk meraihnya.

            Adapun tugas guru dalam pembelajaran kontekstua adalah membantu siswa dalam meraih tujuannya. Artinya guru lebih fokus pada urusan strategi daripada memberi informasi. Tugas guru dalam hal ini hanya memanage kelas sebagai sebuah tim yang bekerja untuk menemukan sesuatu yang baru bagi siswa. Proses pembelajaran lebih diwarnai student centered ketimbang teacher centered .  Menurut DEPDIKNAS, guru harus melakukan beberapa hal berikut:

1)   Mengkaji konsep atau teori yang akan dipelajari oleh siswa,
2)   Memahami latar belakang dan pengalaman hidup siswa melalui proses pengkajian psikologis dan sosiologis,
3)   Mempelajari lingkungan sekolah dan tempat tinggal siswa yang selanjutnya memilih dan     menghubungkan dengan konsep atau teori yang akan dibahas    dalam pembelajaran kontekstual,
4)   Merancang pembelajaran dengan mengkaitkan konsep atau teori yang dipelajari dengan mempertimbangkan pengalaman yang dimiliki dan lingkungan  hidup mereka.
5)   Melaksanaka evaluasi terhadap pemahaman siswa, dimana hasilnya nanti dijadikanbahanrefleksi terhadap rencana pembelajaran dan pelaksanaannya.
          

 Lima bentuk pembelajaran yang penting dalam pendekatan kontekstual yaitu, mengaitkan (relating), mengalami (experiencing), menerapkan (applying), bekerja sama (cooprating), dan mentransfer (transferring).            
           
•         Mengaitkan (relating)            
           Dalam hal ini guru menggunakan strategi relating ini apabila ia mengkaitkan konsep baru dengan sesuatu yang sudah dikenal siswa. Jelasnya, mengkaitkan apa yang sudah diketahui siswa dengan informasi baru.

•        Mengalami (experiencing) 
          Merupakan inti pembelajaran kontekstual dimana mengkaitkan berarti menghubungkan informasi baru dengan pengalaman maupun pengetahuan informasi baru dengan pengalaman sebelumnya.  Pembelajaran bisa terjadi dengan lebih cepat ketika siswa memanfaatkan (memanipulasi) peralatan dan bahan serta melakukan bentuk-bentuk penelitian yang aktif.

•        Menerapkan (applying)
             Ketika siswa menerapkan konsep dalam aktivitas belajar memecahkan masalahnya, guru dapat memotivasi siswa dengan memberikan latihan yang realistic dan relevan.

•       Kerja sama (cooperating)   
         Siswa yang bekerja sama secara kelompok biasanya mudah mengatasi masalah yang komplek  dengan sedikit bantuan ketimbang siswa yang bekerja sama secara individual.  Pengalaman bekerja sama tidak hanya membantu siswa mempelajari bahan pembelajaran tetapi konsisten dengan dunia nyata.

•      Mentransfer (transferring)
          Fungsi dan peran guru dalam konteks ini adalah menciptakan bermacam-macam pengalaman belajar denga fokus pada pemahaman bukan hapalan.

         “STRTEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL” menurut DEPDIKNAS dalam penerapannya mempunyai tujuh komponen utama yaitu:

          1.     Konstruktivisme (Constructivism)  
                  Menekankan bahwa pembelajaran tidak semata sekedar menghafal, mengingat pengetahuan
          Akan tetapi merupakan suatu proses belajar mengajar dimana siswa sendiri aktif secara mental
          Membangun pengetahuannya, yang didasari oleh struktur pengetahuan yang dimilikinya.

          2.    Menemukan (Inquiry)
                 Menemukan merupakan bagian inti dari aktivitas pembelajaran berbasis kontekstual. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa bukan dari hasil mengingat fakta-fakta melainkan dari hasil menemukan sendiri.  Kegiatan menemukan (inquiry) merupakan sebuah siklus yang terdiri dari observasi(observation), bertanya (questioning), Mengajukan dugaan (hiphotesis), pengumpulan data (data gathering), dan penyimpulan (conclusion).
       

        3.   Bertanya (Questioning)
             Bertanya adalah strategi utama pembelajaran berbasis kontekstual. Bertanya bermanfaat untuk :
            • Menggali informasi
            • Menggali pemahaman siswa
            • Membangkitkan daya respon siswa
            • Mengetahui sampai sejauh mana keinginan dan minat siswa
            • Memfokuskan perhatian pada sesuatu yang dikehendaki guru
            • Membangkitkan lebih luas lagi pertanyaan dari siswa, dalam rangka menyegarkan kembali
               Pengetahuan siswa.
   
       4.   Masyarakat belajar (Learning Community) 
             Konsep masyarakat belajar menyarankan hasil pembelajaran didapat dari hasil kerja sama dengan orang lain.  Hasil belajar diperoleh dari “sharing” antar teman, antar kelompok, dan antar yang tahu ke yang belum tahu. Masyarakat belajar akan berjalan baik jika terjadi komunikasi dua arah, dua kelompok atau lebih yang terlibat aktif  dalam komunikasi pembelajaran saling belajar.

      5.   Pemodelan (Modeling)
            Membahasakan yang ada dalam pemikiran adalah salah satu bentuk dari pemodelan. Jelasnya pemodelan adalah membahasakan yang dipikirkan, memdemonstrasi bagaimana guru menghendaki siswanya untuk belajar dan melakukan sesuatu. Dalam pembelajaran kontekstual,
            Guru bukan satu-satunya model.  Model bisa dirancang dengan melibatkan siswa atau bisa juga mendatangkan dari luar.

     6.   Refleksi (Reflection)
           Refleksi merupakan cara berpikir atu merespon tentang apa yang baru dipelajari.  Berpikir ke belakang tentang apa yang sudah dilakukan dimasa lalu.  Pengejawantahannya dalam pembelajaran  adalah guru menyiapkan waktu sejenak agar siswa dapat melakukan refleksi yang berupa pernyataan langsung tentang apa yang sudah diperoleh pada hari itu.

    7.   Penilaian yang sebenarnya (Authentic Assessment)
          Penilaian adalah proses pengumpulan berbagai data yang bisa member gambaran mengenai
          perkembangan belajar siswa.  Dalam pembelajaran berbasis CTL, gambaran perkembanga
          belajar siswa perlu diketahui guru, agar siswa dapat memastikan bahwa siswa mengalami
          pembelajaran yang benar.  Fokus penilaian adalah pada penyelesaian tugas yang relevan dan
          kontekstual.  Evaluasi dilakukan terhadap proses maupun hasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar