Jumat, 18 Juli 2014

RPP Seni Musik KD 3.3 - KD 4.3 Kls XI MIA/IIS



Denmas Priyadi Blog – Jumat, 18 Juli 2014 – 07:50 Wib
 
Berlatih vokal padu suara SATB


RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN

Sekolah                       :           SMAN 42 Jakarta
Kelas/Semester          :           XI MIA/IIS
Materi Pokok             :           Paduan Suara
Alokasi Waktu            :           5 Jam Pelajaran (225 menit)

A.       
K o m p e t e n s i 
I n t i  ( KI )
1.    
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
.
  1. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
    faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
    ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
    kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
    fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
    kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
    masalah
  2. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret
    dan ranah abstrak  terkait dengan
    pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
    menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.       
K o m p e t e n s i 
D a s a r
1.1.      Menunjukkan
sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni  musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap
Anugerah Tuhan.
2.1.  Menunjukkan
sikap kerja sama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas
berkesenian.
2.2.       
Menunjukkan sikap
santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3.  Menunjukkan
sikap responsi dan pro aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta
menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.3.    Menganalisis
hasil penampilan pergelaran musik berdasarkan konsep, teknik dan prosedur yang
digunakan.
4.3.   
Menampilkan musik individual, kelompok atau paduan suara.

C.       
I n d i k a t o r 
:
Pertemuan 5  (KD 3.3) :
  Menjelaskan sajian musik berdasar konsep pergelaran
musik
  Menjelaskan teknik penampilan musik
  Menjelaskan prosedur dalam pergelaran  musik
Pertemuan 6 dan
7 (KD 4.3) :
  Membuat
aransemen vokal untuk paduan suara
  Menampilkan
lagu yang telah diaransir secara kelompok/paduan suara

D.       
T u j u a n  P e
m b e l a j a r a n
1.    Melalui proses mencari informasi,
menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
        
Mencari di buku-buku, di internet 
tentang  konsep penampilan musik
    Mendiskusikan teknik teknik penampilan musik
    Menjelaskan prosedur dalam penampilan musik

2.     Melalui proses mencoba,
mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa :
  
     Mampu membuat aransemen musik
    
Mencoba, berlatih lagu-lagu yang akan ditampilkan
    
Menampilan  lagu-lagu yang telah
diaransir secara individual dan kelompok
                
E.    M a t e r i 
P e m b e l a j a r a n

Fakta
             Mengapresiasi konsep, teknik, dan prosedur
penampilan musik   
            
Menampilkan karya musik secara individual dan kelompok 

        Konsep
           
 Analisis penampilan musik
             Penampilan musik   

Prinsip
          Menentukan tampilan musik yang disesuaikan
dengan kemampuan siswa.
         
Memperhatikan teknik vokal dan instrumental dalam sajian karya musiknya
         
Penggunaan media dan alat disesuaikan dengan fasilitas dan sarana yang
ada di sekolah

        Prosedural
          Siswa
membentuk kelompok musik (setiap kelompok terdiri dari 8 orang, boleh kelompok
sejenis,  laki-laki saja atau perempuan saja. Bisa juga kelompok campuran yang
terdiri dari laki-laki dan perempuan)
          Pelaksanaan tampilan musik dilakukan di dalam kelas
          Membuat laporan tertulis tentang tampilan musik yang telah digelar. 

E.        
M e t o d e  P e
m b e l a j a r a n
 
   Diskusi kelompok
   Presentasi
   Demonstrasi
   Penugasan
   PAKEM

G.    M e d i a
,  A l a t  d a n 
S u m b e r  P e m b e l a j a r a
n
  Instrumen musik (gitar, piano)
  Tape Recorder, Video, CD, Hand Phone
  Buku Seni Budaya Kemedikbud RI 2014
               
H.    L a n g k
a h  K e g i a t a n / S k e n a r i
o  P e m b e l a j a r a n

        Rincian
kegiatan :
 Pertemuan ke :
5, 6, 7

A.     
Kegiatan Awal  (
15 Menit )

1.   Apersepsi
·           
Mengucap salam,
berdoa, absensi kehadiran siswa.
·           
Menginformasikan
kepada siswa visi dan misi sekolah, “Unggul
dalam prestasi IPTEK dan IMTAQ yang berwawasan lingkungan serta menjunjung
tinggi nilai-nilai budaya bangsa.”
·           
Menyanyikan
lagu kebangsaan “Indonesia Raya” sebagai
bentuk rasa syukur ke hadirat Tuhan atas rahmat kemerdekaan bangsa Indonesia.
·           
Menanyakan
kepada siswa tentang pokok bahasan yang akan diberikan, apakah mereka sudah
mendengar dan mengenal dan mengetahui sebelumnya.
·           
Menyampaikan
pokok bahasan dan materi pembelajaran sebagaimana yang tertera pada KD dan
Indikator  RPP yang dibuat.

2.    Orientasi
·          
Menunjukkan
contoh-contoh berupa video youtube, koleksi foto-foto, rekaman pembelajaran
seni musik.
·           
Memberikan
pemahaman tentang fungsi, guna dan manfaat mempelajari musik.

3.    Motivasi
·          
Memberikan
contoh-contoh penampilan musik baik musik instrumental, maupun musik vokal.
·          
Memotivasi
siswa agar tetap semangat belajar dalam berapresiasi dan berkreasi seni.

4.    Pemberian Acuan
:
    Garis
besar materi tentang penampilan musik
   
Pembentukan kelompok diskusi dan penampil musik
                    Menyampaikan tujuan
pembelajaran

B.  Kegiatan
Inti ( 60 menit )

Mengamati
·     
Siswa menyimak
pendapat dari beberapa sumber tentang pengertian “gelar musik”
·      Siswa menyimak tentang konsep, teknik, fungsi musik
dan prosedur penampilan  musik
·     
Guru menilai
keterampilan siswa dalam penampilan dan bermain musik
·      Siswa mengamati contoh-contoh yang disampaikan guru
terkait materi yang disampaikan.

Menanya
·     
Siswa
mendikusikan dengan teman kelompoknya mengenai penampilkan dan karya aransemen
dan lagu yang akan ditampilkan.
·     
Siswa
mendiskusikan dengan teman kelompoknya mengenai konsep, teknik, fungsi musik
·     
Guru bertanya
dan meminta tanggapan siswa tentang video/rekaman lagu yang ditampilkan.
·      Guru bertanya tentang pendapat dari berbagai sumber
tentang pengertian “tampilan sajian musik”
·     
Guru bertanya
tentang fungsi penampilan, gelar dan sajian musik

Mencoba
·      Siswa membaca notasi lagu-lagu yang akan ditampilkan
·      Siswa mencoba mengekspresikan karya-karya musik dan
lagu-lagu akan ditampilkan

Mengasosiasi
·      Siswa dibagi dalam kelompok 5 kelompok, masing-masing
terdiri atas 8 orang
·     
Siswa dalam
kelompok  mendiskusikan pendapat para
ahli tentang penampilan musik
·     
Setiap kelompok
masing-masing menampilkan karyanya di depan kelas
·      Setiap kelompok diminta mendiskusikan tampilannya dan
membuat laporannya secara tertulis

Mengomunikasikan
·     
Guru menilai
sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan berkarya,
menganalisis berdasar kaidah teori secara referensional.
·   Menyimpulkan
data, serta menilai kemampuan siswa dalam memahami arti penampilan musik,
konsep, teknik dan fungsi berkarya seni musik.

B.   
Penutup  ( 15
menit )
·     
Menstimulus
siswa untuk
bersama-sama menyimpulkan konsep, teknik dalam penampilan musik.
·      Memberikan tugas untuk berlatih
dengan rajin dan semangat karena
dengan memiliki keterampilan yang
memadai dalam bermusik
bisa mendatangan
keuntungan secara Financial.
·      Melaksanakan postes sesuai indikator yang telah ditentukan.

I.         
P e n i l a i a n

1.       
Mekanisme dan
prosedur
Penilaian
dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan
melalui
observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan
penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.

2.       
Instrumen
penilaian
a.      
Instrumen
observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada   aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan
kerjasama.
b.     
Instrumen
kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada
aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi.
c.      
Instrumen
laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas
visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
d.     
Instrumen tes
menggunakan tes tertulis uraian dan pilihan ganda.
e.     
Instrumen
laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas
visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.

3.        
Contoh Lembar
Instrumen Penilaian (Terlampir)
  


Jakarta, 14
Juli  2014
Mengetahui Kepala SMAN 42 Jakarta                     Guru Mata Pelajaran SENI
BUDAYA



Drs.H.Luthfi,
MM                                                    Drs.
Slamet Priyadi
NIP.
195904141990091001                                    NIP.
195712091987031006


Catatan Kepala Sekolah








Lampiran:
1.    Instrumen
Penilaian Lembar Observasi dan kinerja presentasi

LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI

Mata Pelajaran                         : Seni Budaya (Musik)
Kelas/Program                          : XI MIA/IIS
Kompetensi                               : KD 3.2 Dan 4.2


No

Nama Siswa

Observasi

Kinerja Presentasi

Jumlah
Skor

NilaI

Aktif

Tanggung jawab

Kerja sama

Peran serta

Visual

Isi

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

1.        

Muhammad Iqbal

4

4

3

4

3

3

21



2.        



















3.        



















4.        



















5.        



















Keterangan
pengisian skor
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang

2.     Tanda ceklist
pada kolom Benar atau Salah



No

Pernyataan

Benar

Salah

1.        

Musik adalah karya imajinatif yang menggunakan media
nada, irama, melodi dan harmoni.





2.        

Musik yang dimainkan dengan dengan vokal saja
disebut acapela.





3.        

Aransemen berarti membuat karya baru berdasarkan
imajinasinya





4.        

Aransemen yang baik adalah aransemen yang tidak
memiliki harmoni.






3.     Contoh Tes
Uraian
Jawablah
petanyaan berikut ini!
1.        
Jelaskan  pengertian musik menurut Matius Ali dan Hadi
Sunarko
2.        
Jelaskan berikut
contoh-contohnyanya!
a.   
Simbol-simbol
musik yang berkait dengan nada
b.  
Simbol-simbol
musik yang berkait dengan irama
c.   
Simbol-simbol
khusus
3.        
Sebutkan
langkah-langkah mencipta lagu/musik!
4.        
Tulislah melodi
lagu sebanyak 8 bar (birama) 4/4 buatanmu sendiri!
5.        
Bacalah melodi
lagu tersebut secara solmisasi

4.    Lembar
Instrumen Penilaian Praktik


No.

Nama siswa

Skor nilai ( 1 – 4 )

Nilai

1.

Diana

Penguasaan alat

Ketepatan bunyi

Ekspresi

Harmoni



2.













3.













4.













5.













5.       Lembar
Instrumen Penilaian Pribadi

P E N I L A I A
N  P R I B A D I

Nama                           :   fransisca
Kelas                            :   XI MIA
Semester                     :  Ganjil
Waktu
Penilaian        :   5 Jam pelajaran


No.

Pernyataan Siswa

Ya

Tidak

1

Saya belajar
dengan sungguh-sungguh





2

Saya aktif
dan selalu bertanya jika ada penjelasan materi yang belum saya mengerti.





3

Saya Sering
menunda-nunda tugas yang diberikan guru





6.      Lembar Instrumen Penilaian Antar Teman

P E N I L A I A N 
A N T A R  T E M A N

Nama                     :
Kelas                     :
Semester               :
Waktu Penilaian   :


No.

Pernyataan Siswa

Ya

Tidak

1

Belajar
dengan sungguh-sungguh





2

Aktif dan
selalu bertanya jika ada penjelasan materi yang belum saya mengerti.





3

Sering menunda-nunda
tugas yang diberikan guru





Denmas Priyadi Blog – Jumat, 18 Juli 2014 – 07:50 Wib
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar