Selasa, 28 Februari 2012

PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) by Slamet Priyadi SMA Negeri 42



DISKUSI KELOMPOK "MEMBUAT ARANSEMEN LAGU"

BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
     
  1. Simpulan
Berbasis dari analisa hasil penelitian yang mengacu pada rumusan masalah  yang telah ditentukan, disertai dengan temuan-temuan dalam proses tindakan dan pembahasan yang telah diuraikan dalam bab IV tentang proses pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran seni musik, dengan menggunakan pembelajaran model PAKEM, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.      Proses pembelajaran pada KD : Mengembangkan Gagasan Kreatif Membuat Aransemen Lagu dengan menggunakan pembelajaran model PAKEM dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran seni musik. Perkembangan peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari hasil kuisioner yang berkait dengan ketertarikan siswa pada mata pelajaran seni musik karena seni musik  kajian materinya menanamkan sikap dan penghargaan terhadap hasil karya orang lain dari 22 siswa = 59,40 % menjadi 35 siswa = 84,50 %, prosentase tersebut dihitung dari jumlah keseluruhan siswa yang merespon pernyataan kuisioner dari jumlah keseluruhan sebanyak 37 siswa.
2.      Proses pembelajaran pada KD : Mengembangkan Gagasan Kreatif Membuat Aransemen Lagu, dalam  Peningkatan aktivitas kelas secara keseluruhan, di siklus I =  28,20 % , tetapi Di siklus II aktivitas kelas terjadi peningkatan dari 33,33 % menjadi 46,15 %.
3.       Proses pembelajaran pada KD : Mengembangkan gagasan kreatif membuat aransemen lagu dengan pembelajaran model PAKEM mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari prosentase ketuntasan belajar yang meningkat 31,25 % yaitu dari 56,25%    menjadi  87,5 %
  1. Saran
Saran-saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :
1.      Proses pembelajaran menggunakan pembelajaran model PAKEM bisa diterapkan pada upaya menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran lain dalam setiap pembelajaran meskipun dalam waktu yang relatif singkat.
2.      Pemilihan bahan ajar yang akan disampaikan  menggunakan pembelajaran model PAKEM perlu dilakukan oleh guru, dalam rangka pertimbangan efektifitas dalam pembelajaran.
3.      Kepiawaian untuk memotivasi siswa dalam setiap pembelajaran hendaknya menjadi kompetensi yang harus dimiliki guru sebelum, atau selama proses pembelajaran guna menumbuhkan minat belajar siswa.
4.      Variasi model pembelajaran, metode, serta penggunaan media hendaknya menjadi salah satu motivasi bagi siswa, sehingga aktivitas belajar lebih meningkat.
5.      Penelitian tindakan kelas hendaknya menjadi bagian yang rutin dilaksanakan oleh setiap guru secara berkala, ketika ditemukan masalah-masalah dalam proses pembelajaran di kelas.
6.      Kebiasaan untuk mengungkapkan masalah-masalah pembelajaran dalam bentuk laporan tertulis, serta upaya tindakan sebagai bagian dari penyelesaian masalah pembelajaran secara sederhana, singkat dan tepat perlu dibiasakan, sebagai acuan serta bahan perbandingan guna menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran selanjutnya. 

DAFTAR PUSTAKA

Supardi Suhardjono, 2011. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Supardi Suhardjono, 2011. Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Dr. Sulipan, M. Pd, 2010. Teknik Mudah Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Bandung: Penerbit Eksismedia.
Moh.Ujer Usman, 1992. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Jamaludin, M. Ed, 2003. Pembelajaran Yang Efektif (Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Siswa). Jakarta: CV. Mekar Jaya.
MGMP IPA Jakarta Timur, 2010. Jurnal Pendidikan Edisi I  Volume 3 – R 2010. Jakarta: MGMP IPA.
UHAMKA 2009. Peningkatan Profesi Guru Melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan ( PAKEM ). Jakarta: Rayon 37 UHAMKA.
Mendiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ), Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas
Drs. Wasty Soemanto, M.Pd, 2006.  Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta:   Rineka Cipta.
Ario Kartono, dkk 2007.  Kreasi Seni Budaya Untuk SMA, Jakarta: Ganeca.
Abubakar Baraja 2008. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Studio Press
Dr. Abdul Hadis, M. Pd. 2008, Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Slameto  1988.  Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.  Jakarta: Bina Aksara.



2 komentar:

  1. @ Tinggal membuat lampiran=lampirannya, nih sbat!

    BalasHapus
  2. seni apa saja yang diberikan di sma 42

    BalasHapus