Minggu, 09 Oktober 2011

"BATIK KONTEMPORER" by S.Priyadi - PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA

"BATIK KONTEMPORER" by S.Priyadi

diposkan pada tanggal 9 Okt 2011 02:41 oleh DENMAS PRIYADI

Batik motif manusia

Minggu, 9 Oktober 2011 - Yahoo Post -
Apa sih batik kontemporer itu? Sesuai dengan kata "kontemporer" yang berarti terkini, dewasa ini atau bisa juga diartikan yang sedang trendi, maka jika dikaitkan dengan kata batik, pengertikan "batik kontemporer" berarti memiliki makna batik masa kini yang proses penciptaannya lebih banyak dibuat oleh para perupa batik (seniman batik) atau para disainer batik.

Pada umumnya para perupa batik, ataupun para pendisain batik kontemporer, didalam mencipta batik, pada awalnya bertujuan hanya untuk kepuasan batiniahnya dalam mengekspresikan emosi estetiknya. Karya-karyanya sebagian besar untuk hiasan dinding. Motif-motif yang dipilih bergaya bebas tidak terikat oleh bentuk-bentuk sebelumnya yang terikat oleh aturan ataupun acuan pembuatan batik.

Batik motif hewan

Teknik pembuatan batik cenderung seperti apa yang dilakukan oleh seorang pelukis, tidak terikat pada canting yang biasa digunakan dalam proses pembuatan batik. Penggarapannya sama persis seperti melukis, hanya teknik proses pewarnaannya saja yang menggunakan teknik membatik.

Batik motif tumbuh-tumbuhan

Batik kontemporer cenderung berpola bebas. Biasanya motif yang dipilihnya mengambil dari bentuk-bentuk seni primitif seperti bentuk-bentuk patung manusia, hewan, alam tumbuh-tumbuhan, rokh, dan bentuk-bentuk abstrak. Selain itu ada juga yang mengambil dari bentuk-bentuk instrumen musik, tarian-tarian tradisi yang ada di daerah setempat. Gambar di atas adalah contoh motif batik kontemporer dengan mengambil bentuk motif manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. [SP]
( Pustaka : Pola-Pola Batik Dan Pewarnaan - Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1979 )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar