Kamis, 25 Februari 2016

SOAL UJIAN PRAKTIK SENI BUDAYA/MUSIK TP 2015 – 2016 SMAN 42



MGMP Seni SMAN 42 Jakarta
Jumat, 26 Febuari 2016 - 13:45 WIB 

Ujian Praktik Seni Budaya / Musik


SOAL UJIAN PRAKTIK SENI BUDAYA/MUSIK TP 2015 – 2016

Satuan pendidikan      :    SMA Negeri 42
Mata pelajaran           :    Seni budaya / Seni Musik
Tahun pelajaran          :    TP 2015 / 2016
Kelas / Semester        :    XII IPA, IPS / Genap
Waktu                       :    120 menit

K o m p e t e n s i  I n t i          :  
   Mempergelarkan karya seni musik dalam ranah konkret dan ranah   abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara apresiatif, kreatif, mampu menggunakan metode yang sesuai dengan kaidah keilmuan.

K o m p e t e n s i  d a s a r     :    
   Menampilkan karya musik kreasi yang telah diaransir di kelas

I n d i k a t o r                      :
    Mampu menggelar karya musik vokal yang telah diaransir secara kelompok

S O A L :

P e r g e l a r a n  M u s i k  v o k a l              :

   Setiap kelompok menyanyikan 3 buah lagu:
a.       Lagu wajib                       :  “Gebyar SMAN 42 Yes!”
b.      Lagu daerah                    :  bebas, pilihan dari kelompok sendiri
c.       Lagu bebas                      :  bebas, pilihan dari kelompok sendiri
   Setiap kelompok vokal minimal terdiri 4 orang dan maksimal  8 orang
   Tekstur vokal terdiri atas suara; sopran, alto, tenor, dan Bass, untuk lagu wajib
   Setiap kelompok musik vokal minimal diiringi 1 buah instrumen musik seperti gitar atau keyboard
 
Contoh Notasi Angka lagu :

“GEBYAR SMA NEGERI 42 YES”
G = D0                                                                                                                                                   Ciptaan :
4/4 Semangat                                                                                                 Drs. Slamet Priyadi






 
         __    ___     ___                                ___     ___     ___     ___     
S : | 1  5  1    5   1    3  5  |   5     .      5   0   5 | 5   6   5    4    3    2      3  |   3  .   3   .  |
             .         .  
        S M A  Empat dua . . . . . . . . . Yes !   Bersih sehat lingkungannya . . . . . Yes !
                                               __    __     ___                        ___     ___    ___     ___
A :                                        |  1  5  1  5   1    3  5 |   5  .  5   0   5 | 5   6   5   4    3    2     3   |   3  .  3  .  |
                                                  .        .
                                                  S M A Empat dua . . . . . Yes !  bersih sehat lingkungannya . . . . Yes !
         __    ___    ___                               ___       ___   ___      ___    
S : | 1  5  1   5   1    3  5  |    5    .     5   0    5 |  5   6  5    4    2    3     1  |    1  .   1   .  |
            .         .  
       S M A  Empat dua . . . . . . . . . Yes !    O–ke  juga  presta–si –nya  . . . . . Yes !
                                              __    ___    ___                         ___     ___    ___      ___
A :                                       |  1  5  1    5   1    3  5  |   5  .  5  0    5 | 5   6  5    4    2    3   1   |   1  .  1   .   |
                                                 .          .
                                                  S M A Empat dua . . . . . . Yes      O–ke  juga presta–sinya  . . . . . Yes !
           __   ___     ___       __      __    ___      ___               __   ___    ___       __     ___   ___      __
T :  |  3  3 1    1   3    3  5 .  3 | 3   3  5    5    3    3      1 |  3 3  1    1  3    3  5 .  3 | 3   3  5    5    3 3   1  |
          S M A  Empat dua   bersih sehat lingkungannya  S M A Empat dua    O–ke  juga prestasinya
            ___               ___        ___              __        ___               ___       ___               __
B :  |   1    1    5  1  3    0  |  1     1   5  1  5  0  |  1    1    5  1   3   0  |  1    1    5  1  5  0  
                        .                                   .       .                        .                                   .       .
          Empat  dua yes !      Empat dua yes !     Empat dua  yes !     Empat dua yes !


Selamat Berekspresi !

SOAL UJIAN SEKOLAH SENI BUDAYA/MUSIK TP 2015 – 2016

MGMP Seni SMAN 42 Jakarta
Jumat, 26 Febuari 2016 - 09:10 - WIB

Ujian praktik


SOAL  UJIAN SEKOLAH SENI BUDAYA/MUSIK TP 2015 – 2016


Satuan pendidikan   :    SMA Negeri 42
Mata pelajaran         :    Seni budaya / Seni Musik
Tahun pelajaran       :    TP 2015 / 2016
Kelas / Semester      :    XII IPA, IPS / Genap
Waktu                       :    90 menit

Kompetensi Inti       :  
   Mengekspresikan diri melalui karya musik dan membuat tulisan musik kreasi berdasarkan jenisnya.

Kompetensi dasar   :    
   Membuat tulisan tentang karya musik berdasarkan jenisnya     

I n d i k a t o r               :
    Mampu menulis, membaca notasi lagu tradisi dan non tradisi daerah Nusantara yang telah diaransir.

S O A L :

Tulislah ke dalam notasi balok notasi angka lagu “Gebyar SMAN 42 Yes!” berikut, dengan ketentuan:
   Nada dasar                    :    1 kres / G=do
   Panjang paranada         :     16 Cm
   Jarak spasi paranada   :     3 mili meter s/d 5 mili meter
   Panjang tangkai not      :    2, 5 s/d 3 spasi paranada
   Lirik/syair lagu             :    harus tepat di bawah notnya
   Media                           :    kertas gambar, pensil / spidol warna
   Format Kolom nilai      :   Buat format kolom nilai di balik / di belakang notasi balok Gebyar SMAN 42 Yes, pada kertas gambar dalam bentuk dan ukuran seperti contoh di bawah ini!         


N a m a             :
N I L A I
K e l a s             :

Hari/Tgl. Ujian   :
No. Ulangan     : 




Contoh Notasi Angka lagu :

“GEBYAR SMA NEGERI 42 YES”
G = D0                                                                                                                                                   Ciptaan :
4/4 Semangat                                                                                         Drs. Slamet Priyadi






 
         __    ___     ___                                ___     ___     ___     ___     
S : | 1  5  1    5   1    3  5  |   5     .      5   0   5 | 5   6   5    4    3    2      3  |   3  .   3   .  |
             .         .  
        S M A  Empat dua . . . . . . . . . Yes !   Bersih sehat lingkungannya . . . . . Yes !
                                               __    __     ___                        ___     ___    ___     ___
A :                                        |  1  5  1  5   1    3  5 |   5  .  5   0   5 | 5   6   5   4    3    2     3   |   3  .  3  .  |
                                                  .        .
                                                  S M A Empat dua . . . . . Yes !  bersih sehat lingkungannya . . . . Yes !
         __    ___    ___                               ___       ___   ___      ___    
S : | 1  5  1   5   1    3  5  |    5    .     5   0    5 |  5   6  5    4    2    3     1  |    1  .   1   .  |
            .         .  
       S M A  Empat dua . . . . . . . . . Yes !    O–ke  juga  presta–si –nya  . . . . . Yes !
                                              __    ___    ___                         ___     ___    ___      ___
A :                                       |  1  5  1    5   1    3  5  |   5  .  5  0    5 | 5   6  5    4    2    3   1   |   1  .  1   .   |
                                                 .          .
                                                  S M A Empat dua . . . . . . Yes      O–ke  juga presta–sinya  . . . . . Yes !
           __   ___     ___       __      __    ___      ___               __   ___    ___       __     ___   ___      __
T :  |  3  3 1    1   3    3  5 .  3 | 3   3  5    5    3    3      1 |  3 3  1    1  3    3  5 .  3 | 3   3  5    5    3 3   1  |
          S M A  Empat dua   bersih sehat lingkungannya  S M A Empat dua    O–ke  juga prestasinya
            ___               ___        ___              __        ___               ___       ___               __
B :  |   1    1    5  1  3    0  |  1     1   5  1  5  0  |  1    1    5  1   3   0  |  1    1    5  1  5  0  
                        .                                   .       .                        .                                   .       .
          Empat  dua yes !      Empat dua yes !     Empat dua  yes !     Empat dua yes !


Selamat mengerjakan!